BERBAGI DENGAN SESAMA BAIK ILMU MAUPUN MATERI

P R A K A T A

Green Peace 1979Today's big stories from My Live

What U Give U Get Back
’Itulah mungkin kata awal yang paling tepat memulai blog ini, saya berusaha membantu rekan-rekan mendapatkan informasi tentang Berbagi Dengan Sesama Baik Ilmu Maupun Materi’

Tidak Ada Yang Abadi
’Takkan selamanya tanganku mendekapmu, Takkan selamanya raga ini menjagamu. Seperti syairnya lagu, begitu juga bahwa di dunia ini tak ada yang abadi jadi jangan mau hidup seorang diri mari bersosialisasi di dunia yang penuh dengan gejolak dan penuh keindahan ini.’

Daftar Penghasilan dari Internet
’Setelah beberapa lama, akhirnya saya dapat membagikan sebagian uang penghasilan dari internet ya persyaratan ntar saya buat setelah mencapai $ 20, digunakan untuk pembangunan rumah ibadah apa saja agamanya bantuan anda saya butuhkan untuk menyalurkannya’

DAFTAR PEMASUKAN BLOG MARI BERBAGAI UNTUK SESAMA
DATA PEMASUKAN
No. Daftar Link Jumlah $
1. ’Marketiva’ -
2. ’Donkeymails’ -
3. ’Microworkers.com’ -
4. ’Neobux.com’ -
5. ’Onbux.com’ -
6. ’Incrasebux.com’ -
7. ’Easyhits4u.com’ -
8. ’PROYEK’ Rp. 0
9. ’TOTAL’ RP. 0

AKHIRNYA SALAM DAMAI DAN KASIH BAGI KITA SEMUA
’Itulah kata yang dapat saya ucapkan dan terima kasih kepada pengunjung blog ini diharapkan kritik dan saranya yang membangun agar saya dapat belajar dari orang-orang di luar sana.’

Selasa, 06 Oktober 2009

FREE Toko Online dengan CMS Quick.Cart_v3.1

 
Belajar dari pengalaman, membaca dan beberapa sumber yang terpercaya akhirnya membuat sendiri toko online hasil dapat dilihat disini http://www.donaturshope.co.cc/, semuanya gratis ya setidaknya hingga tulisan ini saya buat. Adapun kelebihan dari CMS ini sih antara lain sebagai berikut :

Halaman beranda toko demo Quick.CartQuick.Cart adalah salah satu perangkat lunak untuk jualan online yang sederhana dan mudah digunakan. Dengan fitur standar berupa shopping cart, dan fitur tambahan berupa CMS (content management system), membuat Quick.Cart bisa disebut sebagai perangkat lunak eCommerce-CMS yang terintegrasi secara sederhana. Penekanan kepada kesederhanaan ini membuat Quick.Cart cocok digunakan untuk para pedagang online pemula yang tidak ingin direpotkan dengan kompleksnya konfigurasi dan instalasi perangkat lunak shopping cart.
Gambar di atas menunjukkan tampilan halaman depan dari toko online demo Quick.Cart, dengan tema, bahasa, dan contoh produk standar yang disediakan dalam paket unduhan Quick.Cart.
Quick.Cart tersedia dalam tiga versi: standar, Pro, dan Ext. Dari ketiga versi tersebut hanya versi standar yang gratis. Versi Pro dan Ext yang berbayar memiliki fitur-fitur tambahan yang mempermudah calon pelanggan dalam berbelanja online, dan memudahkan pemilik toko dalam menggelar dagangan online-nya. Posting ini fokus ke Quick.Cart standar.

Fitur-Fitur Quick.Cart

Untuk Pelanggan

Berikut ini fitur-fitur yang disediakan oleh Quick.Cart standar untuk pelanggan yang berkunjung ke toko online:
  1. Halaman produk dan konten
    Halaman penampil produk sudah harus menjadi fitur yang wajib ada pada paket eCommerce. Quick.Cart standar bisa menampilkan produk dalam daftar menurut kategori atau pabrikan, dan juga menampilkan satu produk tertentu dalam halaman detil. Gambar berikut ini menampilkan halaman penampil produk dengan informasi detil dari sebuah produk.
    Halaman penampil produk pada toko demo Quick.Cart
    Konten adalah halaman yang berisi berita atau tulisan yang bisa digunakan untuk mengkomunikasikan informasi mengenai toko online, tata cara pengiriman dan pembayaran, aturan-aturan, dan lain sebagainya. Dalam Quick.Cart, konten bisa ditulis dari layar admin dan ditampilkan dalam sebuah halaman web seperti terlihat dalam gambar berikut ini:
    Halaman penampil konten pada toko demo Quick.Cart
  2. Mencetak halaman produk dan konten
    Quick.Cart menyediakan fungsi untuk mencetak ke printer langsung pada halaman penampil detil produk dan konten. Dengan fitur ini, pencetakan bisa dilakukan hanya terhadap informasi produk atau konten, tanpa mengikutsertakan bagian navigasi, header, maupun footer dari halaman penampil produk dan konten tersebut.
  3. Pencarian produk
    Quick.Cart menyediakan fitur pencarian produk dengan cara mengetikkan kata atau frase yang terdapat dalam nama atau penjelasan suatu produk. Fitur ini mirip pencarian pada Google, hanya saja dalam Quick.Cart yang dicari adalah produk-produk yang digelar di sebuah toko online. Fitur ini tentunya melengkapi navigasi produk berdasarkan kategori dan pabrikan.
  4. Mengirim dan mencetak order
    Quick.Cart menggunakan konsep yang mirip dengan shopping cart yaitu shopping basket. Fungsinya sama dengan keranjang atau tas belanja yang kita pakai kalau kita belanja di swalayan. Hanya saja shopping cart dan shopping basket bersifat virtual, hanya ada di dalam situs web pada saat kita berbelanja di toko online.
    Berikut ini tampilan dari shopping basket yang disediakan oleh Quick.Cart:
    Shopping basket Quick.Cart
    Setelah selesai berbelanja, pelanggan memulai satu proses checkout yang dimulai dari pengisian alamat pengiriman, pemilihan kurir pengiriman, dan metode pembayaran. Dalam Quick.Cart, proses checkout tidak memerlukan registrasi. Pelanggan dihadapkan pada satu form yang harus diisi untuk menyelesaikan proses checkout ini. Gambar berikut ini menunjukkan tampilan form isian pada proses checkout Quick.Cart:
    Layar checkout Quick.Cart
    Order akan secara otomatis terkirim pada saat kita menyelesaikan proses checkout. Fungsi cetak order disediakan untuk mencetak order yang telah terkirim sebagai bahan referensi bagi pelanggan pada saat diperlukan nanti.
  5. Mengirim email ke admin
    Sebagai konsekuensi desain Quick.Cart yang tidak memerlukan registrasi pelanggan pada saat berbelanja online, komunikasi antara pelanggan dan toko online salah satunya bisa dilakukan melalui email. Pelanggan bisa mengirim email kapan saja kepada admin atau pemilik toko online, misalnya untuk menanyakan status ordernya.

Untuk Pemilik Toko Online

  1. Manajemen produk
    Meng-update katalog produk adalah salah satu tugas utama pemilik toko online. Quick.Cart menyediakan layar administrasi yang mudah digunakan oleh pemilik toko online untuk mengisi katalog dengan produk-produk yang akan dipajang dalam toko online. Gambar berikut ini menunjukkan layar administrasi dari katalog produk. Dalam layar tersebut, pemilik toko bisa menambah, mengubah, dan menghapus produk tertentu.
    Layar administrasi katalog produk Quick.Cart
  2. Manajemen konten
    Sama seperti halnya produk, konten dalam Quick.Cart bisa ditampilkan dan diubah dari halaman admin.
  3. Manajemen order
    Pemilik toko online bisa melihat semua order dari layar manajemen order. Dengan fitur ini pemilik toko online bisa mengetahui tentang adanya order baru dan memproses order tersebut sampai selesai.
  4. Manajemen pengiriman dan pembayaran
    Walaupun sederhana, Quick.Cart menyediakan layar administrasi untuk mengatur modul pengiriman dan pembayaran. Dari modul ini pemilik toko bisa menambah maupun mengubah data-data tentang cara pembayaran dan kurir pengiriman.
  5. Pengaturan bahasa
  6. Quick.Cart bisa diatur untuk menampilkan toko dalam bahasa tertentu, misalnya bahasa Indonesia. Tentu saja kita harus menyediakan berkas terjemahan dalam bahasa Indonesia untuk semua kata-kata yang dipakai dalam Quick.Cart.
  7. Konfigurasi umum
    Konfigurasi umum berfungsi mengatur fungsi-fungsi toko online yang bersifat global seperti nama toko, deskripsi, slogan, login admin, dan lain-lain.

Quick.Cart, Seberapa Mudah?

Quick.Cart tergolong paket eCommerce yang mudah untuk dimengerti, digunakan, dan di-instal dalam hosting web. Salah satu aspek kemudahan ini dicapai dengan hanya melakukan salin berkas untuk bisa mulai menggunakannya. Quick.Cart tidak memerlukan database, sehingga apabila server hosting tidak menyediakan database, Quick.Cart tetap masih bisa di-instal dan berjalan dengan baik.
Untuk pemilik toko online tingkat pemula yang tidak membutuhkan konfigurasi yang kompleks pada produknya, Quick.Cart cukup memadai untuk menjalankan sebuah toko online. Namun, untuk jualan yang lebih serius, dengan konfigurasi yang lebih kompleks, fitur-fitur yang disediakan Quick.Cart standar belum bisa memenuhi kebutuhan.

Biaya Menjalankan Toko Online Quick.Cart

Quick.Cart standar bisa kita pakai tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun, untuk menggelar dagangan online, kita tetap memerlukan biaya untuk menyewa domain dan hosting. Domain adalah nama atau merek kita di internet. Sedangkan hosting adalah kavling jualan online kita. Namun, dengan kesederahaan Quick.Cart, kita tidak memerlukan hosting yang mahal untuk bisa menjalankan Quick.Cart.
Tabel berikut adalah perkiraan biaya yang diperlukan untuk menjalankan sebuah toko online dengan Quick.Cart:
Komponen
Biaya per bulan
Biaya per tahun
Sewa hosting
Rp 5.000
Rp 60.000
Sewa domain
-
Rp 100.000
Total
-
Rp 160.000

Kesimpulan

Quick.Cart adalah paket eCommerce yang mengedepankan kesederhanaan dalam penggunaan dan instalasi. Quick.Cart memiliki fitur-fitur standar dari sebuah paket eCommerce yang dikombinasikan dengan sedikit fitur CMS. Dengan berfokus kepada aspek kesederhanaan, Quick.Cart cocok digunakan oleh para pedagang online pemula sebelum mencoba paket-paket eCommerce yang memiliki fitur lebih kompleks.
MAU TAU CARA BUATNYA, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1.      Setidaknya Anda punya emailkan, ini wajib
2.      Email diperlukan untuk masuk ke https://www.co.cc/, situs ini menyediakan Web Hosting yang gratis. Buruan daftar.
3.      Kemudian daftar ke http://members.000webhost.com/login.php, situs ini menyediakan, situs ini akan memberikan anda FTP gratis
4.      Nah ini adalah pusat CMSnya http://opensolution.org/ download disini untuk  CMS Quick.Cart_v3.1
5.      Ops hampir lupa semua file dan folder di Quick.Cart_v3.1 harus dikonvert ke chmod 777 ya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar